Pages

Selasa, 04 Desember 2012

Belajar Wing Chun

Latihan Dasar Wing Chun I

Kuda-kuda

Kuda-kuda dianggap sebagian besar praktisi beladiri modern sebagai sesuatu yang kuno dan kurang berguna, namun sebenarnya banyak aspek yang terkandung di dalam latihan kuda-kuda.

Kuda-kuda dalam beladiri internal adalah aspek Di (BUmi), dalam teknik tenaga dalam kuda-kuda sangat dibutuhkan dalam aspek Tenaga Bumi.

Latihan KUda-kuda banyak fungsinya, asalkan kita mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi Kita saat melakukan Kuda-kuda.

Cara yang paling gampang adalah visualisasi energi Chi kita sebagai Cahaya Putih. Kalau kita ingin memperkuat Kaki kita, lakukan aliran Chi ke Kaki, begitu juga kalau mau ke tangan. Kalau ingin memencarkan Chi ke seluruh tubuh, maka lakukanlah pernapasan biasa, dan tahan di Dan Dian (pusat energi Chi, terletak 3 jari tangan kanan di bawah pusar ) lalu sebarkan ke seluruh tubuh.

Sebenarnya di beladiri diri modern seperti Judo, Jujutsu, Brasilian Jujutsu, Karate, Taekwondo, dll, pun ada dipelajari kuda-kuda. Kuda-kuda memliki banyak variasi. Kuda-kuda dalam bahasa Inggris disebut juga Stance (Cara /posisi berdiri).

Kuda-kuda yang dilakukan yang banyak ditentang oleh praktisi modern adalah efektivitasnya dalam pertarungan. pertarungan maupun teknik beladiri mengalami banyak sekali perubahan dan transformasi serta evolusi. dimana dulu pertarungan memakai tenaga, sekarang lebih ke teknik. Banyak praktisi beladiri konservatif yang selalu mempertahankan bentuk kuda-kuda saat mereka Fighting. hal ini mempengaruhi efektifitas dan efisiensi gerakan mereka sendiri. dimana sekarang standing style dari kebanyakan beladiri lebih fleksibel ketimbang pemakaian kuda-kuda.

seperti salah satu evolusioner Kungfu Wing Chun, Alm. GM. Bruce Lee ( Lee Siao Lung ) pernah menganalisa berbagai beladiri. tercatat beberapa beladiri dianalisa beliau dan diimplementasikan serta diokulasi ke dalam Wing Chun yaitu Taekwondo, Karate Kempo, Jujutsu, Thai Chi, FMA, dll.
Menurut Beliau, Kuda-kuda besar, akan menghasilkan tenaga yang besar, namun kecepatannya akan melambat. begitu juga kuda-kuda yang kecil akan menghasilkan tenaga yang kecil, namun cepat. kuda-kuda bentuk sedang yang diajarkan Beliau adalah hasil analisa terbaik menurut Beliau.

Kuda-kuda dalam Wing Chin disebut juga kuda-kuda San Zhan ( atau Kuda-kuda Gunung) atau dalam bahasa Jepang disebut San Chin Daiichi. pelatihan pertama adalah latihan Kuda-kuda tetap. Dalam teknik ini, dilatih kekuatan jari kaki, telapak Pisau kaki , samping kaki, paha, tulang belakang, tulang ekor, kestablian, serta kordinasi otot.

Kuda-kuda ini kalau latihan digenjot akan meningkatkan teknik flesiblelitas teknik langkah, sehingga badan semakin ringan. Kuda-kuda ini juga ada 4 perubahan, untuk teknik pertarungannya.




Latihan Dasar Wing Chun II

pergeseran kuda-kuda, atau disebut juga Hang Ma, atau movement.

ada 3 macam Hang Ma dalam Wing Chun :

1. Hang Ma di tempat ( One Spot Body Movement Step )

pada style ini, Hang Ma menitik beratkan pada salah satu titik di salah satu kaki. dimana pusa pergeseran paling besar adalah di pinggang. pada Hang Ma ini, sangat ditekankan pada rotasi pada pinggang. Hang Ma ini sangat berguna pada pertarungan, dimana kita bisa langsung memutar badan ke arah lain tanpa bertukar tempat.
Contoh, saat kita sedang menghadapi lawan di sebelah kiri, maka jika ada penyerang dari sebelah kanan, kita langsung beralih ke sebelah kanan, begitu juga saat posisi depan dan belakang.

2. Hang Ma maju dan mundur satu kaki ( Same Leg Body Movement Step )

pada style ini, kita bisa bergerak dalam kondisi menyerang, dimana seperti style pada beberapa macam beladiri, waktu kita maju, kaki depan maju dahulu, waktu mundur, kaki belakang mundur duluan, waktu ke kiri, kaki kiri duluan, dan waktu ke kanan, kaki kanan duluan.

3. Hang Ma Ganti Kaki ( Change Leg Body Movement Step )

pada style ini kita bisa bergerak menyerang, bertahan ataupun melakukan serangan sembari bertahan.

seberanarnya masih ada satu lagi posisi kaki, yaitu posisi berdiri satu kaki, namun kebanyakan posisi ini hanya untuk latihan atau pun pada posisi tertentu. latihan posisi ini sangat berguna saat bertarung di tempat yang tidak rata. aplikasi latihan ini akan bermanfaat saat kita melatih teknik kedua yaitu Jim Kiu dan latihan tenaga Biu Chee.

Latihan Dasar Wing Chun III

penguatan tangan.

latihan dasar buat tangan menjadi 3 macam :

1. Hand and punch's power training
2. Hand's speed training
3. Hand's movement speed training

1. Hand's and Punch power training

seperti kungfu atau beladiri lainnya Wing chun mengkoordinasikan pusat tenaga di 3 titik yaitu kaki, tepatnya di bagian depan telapak kaki, di pinggang, dan di lengan. untuk melatih tangan juga kita mengenal adanya 3 titik yaitu Da, Zhong, Xiao. Da adalah pangkal lengan, Zhong adalah sikut, dan Xiao adalah daerah telapak tangan dan pukulan. melatih teknik ini gampang-gampang susah, karena dibutuhkan tekad dan kesbaran. pada intinya latihan ini kita bagi menjadi 3 tahapan utama :
a. Push up 7 macam
b. Pegangan kayu 2 macam
c. Posisi kaki untuk mengambil tenaga ledakan

2. Hand's speed training

Latihan ini memakai cara yang sederhana yaitu dengan mengkombinasikan antara pembentukan lingkaran dengan tangan di tempat. dan kombinasi antara mata, napas, dan gerakan tangan serta efek dari gerakan tubuh secara minimal.
Latihan ini di bagi jadi 2 tahap :

I . Latihan Dasar :

a. Pembentukan Lingkaran 1 kali memakai telapak
b. Pembentukan Lingkaran 2 kali memakai telapak
c. Pembentukan Lingkaran 3 kali memakai telapak
d. Pembentukan Lingkaran 1 kali memakai telapak disertai pukulan
e. Pembentukan Lingkaran 2 kali memakai telapak disertai pukulan
f.  Pembentukan Lingkaran 3 kali memakai telapak disertai pukulan

II. Latihan Memakai alat :

a. Pukulan berat
b. Pukulan Meteor

3. Hand's movement speed training

Pada latihan ini, adalah kombinasi tangan berubah-ubah. latihan meliputi :

1. Pindahan tangkisan tangan melingkar ke kiri dan kanan
2. Latihan rasa dan insting tutup mata
3. Latihan rasa dan instingmengalir
4. Latihan continous blocking
5. Latihan Kombinasi Blocking Punching.

Latihan Dasar Wing Chun IV (terakhir)

Wing Chun adalah : Kekuatan, Kecepatan, Keseimbangan, Akselerasi, Perasaan ( Gerak Rasa )

Kekuatan : Kekuatan Wing Chun bukan terletak di pangkal tangan, tapi di tengah dan di ujung tangan. istilah ini saya sering sebut Zhong men dan Xiao Men.

Kecepatan : Wing Chun mengandalkan kecepatan yang memiliki ketepatan atau akselerasi. bukan kecepatan buta.

jadi, bukan sekedar kecepatan saja. sebenarnya hal kecepatan tangan atau lebih bagusnya disebut kecepatan perpindahan tangan, hal ini lumrah. karena sewaktu ilmu ini diajarkan kepada Yim Wing Chun, yang notabene adalah kaum Hawa, jadi diandalkan kecepatan. namun setelah suami dari Yim Wing Chun mempelajari ini, mulailah ada diadakan perubahan latihan lebih ke arah kekuatan.

Keseimbangan : Keseimbangan ini dimaksudkan adalah keseimbangan saat perubahan gerakan. kita tau, seperti halnya Mi Zhong Yi, Wing Chun memiliki perubahan yang sangat cepat. jadi antara satu gerakan dengan gerakan yang lain harus seimbang untuk menjaga kesinambungan gerakan.

Akselerasi : adalah ketepatan sasaran WIng Chun dalam memblok serangan lawan. ketepatan adalah hal lain disamping cara blok yang harus benar.

Gerak rasa : hal penting yang dilupakan praktisi sebelum masuk ke Chi Sao.


tahapan belajar Wing Chun :

1. Siu Lim Tao : semua gerakan tangan Wing Chun ada disini.
2. Jim Kiu       : Keseimbangan gerakan
3. Biu Chee    : Kecepatan, keseimbangan, kekuatan
4. Mok Yan Jong : Kecepatan, Keseimbangan, Kekuatan, Akselerasi
5. Suang Hu Tie Duan Jian : Pedang Kupu-kupu
6. Cang Gun : Tongkat pendayung 



0 komentar:

Poskan Komentar